5 Wisata Adventure di Jogja

Selain tempat wisata yang romantis, unik dan menawan, Jogja juga memiliki wisata adventure bagi Anda yang memiliki jiwa petualang. Terlebih jika Anda menyukai tantangan, Anda bisa mengunjungi 5 wisata adventure berikut ini:

Off road di area Pindul

jeep-pindul

Wisata offroad di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo kini telah menjadi idola wisata adventure bagi wisatawan yang berkunjung ke Gunungkidul. Meskipun membuat jantung berdetak kencang, tetapi juga dapat membuat Anda kecanduan. Dengan mengendarai kendaraan jenis jip yang dilengkapi dengan 4 whell drive, siap mengajak wisatawan untuk bersorak, bergembira hingga berteriak histeris ketika jip yang dikendarai menyusuri sejumlah rintangan. Trek tersebut melewati jalan berlumpur, wisatawan kemudian menikmati keindahan hutan kayu putih. Melintasi hutan kayu putih, wisatawan dapat menghirup udara yang khas dari pepohonan kayu putih. Setelah bersantai menikmati hutan kayu putih, wisatawan kembali diajak memacu adrenalin dengan menyusur sungai dengan kedalaman air setengah badan jip. Untuk sekali trip, dibutuhkan waktu satu sampai satu setengah jam.

Kereta kayu pantai Timang

pantai-timang

Pantai Timang terletak di Dusun Danggolo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus yang masuk administrasi Kabupaten Gunung Kidul. Pantai Timang menantang Anda yang berjiwa petualang untuk membuktikan nyali menyeberangi karang berombak besar hanya menggunakan gondola/kereta gantung tradisional yang digerakkan oleh tenaga manusia. Gondola ditarik dari bibir pantai menuju sebuah pulau kecil bernama Pulau Watu Panjang. Kereta gantung buatan warga ini terbuat dari kayu dengan tali penghubung berupa tali tambang. Penggunaan tali tambang dirasa lebih kuat menghadapi air laut yang korosif dibanding sling yang terbuat dari besi/baja. Gondola kayu yang ada di Pantai Timang bukanlah fasilitas penunjang wisata yang disediakan oleh pemerintah Gunung Kidul. Wahana tersebut sebenarnya adalah alat transportasi yang biasa digunakan nelayan setempat untuk berburu lobster yang menjadi salah satu produk unggulan setempat.

Goa Jomblang

goa-jomblang

Goa ini terletak di kawasan pegunungan karts yang ada di Gunungkidul. Goa ini merupakan salah satu goa dari sekitar 500 goa yang ada di wilayah pegunungan tersebut. Gua ini mempunyai mulut goa vertikal dengan jarak antara bibir goa dengan dasarnya bervariasi. Paling dalam sekitar 80 m. Dibutuhkan kemampuan melakukan Single Rope Technique ( SRT ) untuk memasuki gua ini. SRT merupakan teknik yang baku digunakan untuk menuruni gua vertikal dengan memakai satu tali sebagai lintasan yang dipakai untuk jalan menaiki dan menuruni tempat yang vertikal. Bagi yang belum terbiasa, jalur yang dipakai untuk mencapai dasar gua akan sangat melelahkan. Setelah sampai pada ujung lorong yang merupakan dasar Goa Grubug, Anda bisa melihat keindahan yang luar biasa. Terdapat dua stalagmit yang cukup besar berwarna hijau kecoklatan berdiri tegak di tengah dasar gua Grubug. Apabila Anda dapat mencapai dasar Gua Grubug tepat pukul 13.00 WIB, Anda akan dapat melihat pemandangan yang eksotik dari sinar matahari yang menerobos masuk ke dalam kegelapan ke dasar Gua Grubug.

Goa Cerme

Source by: asianpariwisata
Source by: asianpariwisata

Menurut cerita masyarakat, Goa Cerme ini mempunyai sejarah yang panjang sebagai salah satu tempat yang sering digunakan oleh para Sembilan Wali (Wali songo) dan juga para pemuka agama Islam untuk keperluan bermusyawarah dan mencari inspirasi. Alamat lokasinya berada di Dusun Srunggo, Desa Giritirto, Kec. Purwosari, Kab. Bantul, Propinsi Daerah Istimewa Yogjakarta. Di dalam goa ini Anda akan dapat melihat pemandangan yang indah seperti stalagtit dan stalagmit dan juga terdapat sungai di bawah tanah. Namun Anda harus berhati-hati jika sedang berada di dalam goa, karena disini terdapat sarang kelelawar yang ada di beberapa tempat. Selain karena itu lantai di dalam goa juga terdapat air yang menggenangi dengan ketinggian sekitar 1 – 1,5 meter. Goa Cerme yang panjang ini memiliki banyak sekali ruangan dan sering digunakan untuk bertapa.

Panjat tebing pantai Siung

Source by: RetnaMudiasih
Source by: RetnaMudiasih

Di area panjat tebing Pantai Siung ini terdapat kurang lebih ada 250 jalur panjat tebing yang siap buat Anda taklukan. Pantai ini tepatnya berada di Dusun Wates, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Bagi Anda yang ingin melakukan panjat tebing, biasanya manjat di bagian deretan bukit karst yang berada di sebelah barat pantai. Di antara tebing-tebing krast ini juga terdapat tanah lapang yang biasanya di gunakan sebagai tempat berkemah dan menyalakan api unggun. Tebing-tebing pantai siung yang mendapat julukan “The best rock climbing site in Yogyakarta” dan memiliki 250 jalur dengan berbagai macam tingkat kesulitan dan karakteristik yang bervariasi.